TIPS

CERMAT MENGATUR UANG JAJAN

Anak seusia kita, tentunya sudah punya uang saku dong. Biasanya sih udah g’ di kasih harian. Tapi ortu juga belum percaya ngasih uang saku bulanan. Mereka biasanya ngasih uang jajan mingguan. Selain memberi keleluasaan waktu agar kita bisa belajar mengatur, juga jumlahnya g’ terlalu banyak untuk di pakai foya – foya. Tapi, kalau kita berhemat, sebenarnya sisa uang jajan bisa di manfaatkan untuk mewujudkan keinginan tertentu, Seperti memiliki Handphone 3G atau iPod seri baru. Gimana ?

Nah, ini caranya :

  1. Merancang Anggaran

Sebaiknya kamu pastikan dulu, jumlah uang saku yang di terima itu di harapkan ortu untuk memenuhi kebutuhan apa saja. Misalnya : Makan siang kalau harus ada pelajaran tambahan, snack saat keluar main, fotocopy dan membeli peralatan sekolah secara mendadak.

Setelah mendapatkan data tesebut, maka sebaiknya kamu mulai membuat rincian kebutuhan mingguanmu. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang Cukup atau tidaknya uang sakumu. Kalau tidak cukup, ajaklah ortu bicara tentang hal itu, sambil mengajukan hitungan – hitungan yang sudah kamu buat. Biasanya ortu g’ keberatan kok, kalau kamu sudah memberi data.

  1. Menabung

Setelah berhasil mendapatkan uang saku sesuai jumlah yang kamu hitung, selain berusaha menjaga agar anggaran itu bisa pas memenuhi kebutuhan mingguanmu, akan lebih baik lagi alau kamu bisa berhemat. Jangan pandang sebelah mata pepatah ” Hemat Pangkal Kaya ”. Karena tanpa kamu sadari sisa uang saku Mingguan bisa membantumu mewujudkan keinginanmu.

Seklipun jumlahnya sangat kecil, misalnya Rp 5.000,- per Minggu. Jika sisa uang itu bisa kamu sisihkan, dalam Sebulan kamu sudah punya Rp 20.000,- dan bisa bertambah terus bukan. Akhirnya, tanpa kamu sadari, kamu bisa membeli benda – benda idaman dari hasil menyisihkan uang saku Mingguan itu. Ya kalau kurang – kurang sedikit, minta ortu nambaahin ga’ apa – apa, kali. Yang penting kamu udah nunjukin Usaha dulu untuk mendapatkn benda keinginanmu. Kita cobain bareng Yuk.......

 

0 Responses to TIPS