Apa sich SBI SMPN 1 Tulungagung itu???

ULAS HABIS TENTANG

SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI)

Apa sich SBI itu?

SBI adalah program perdana dengan pembelajaran bilingual (bahasa Inggris dan bahasa Indonesia) untuk mata pelajaran MIPA (Matematika dan IPA/Sains) bagi siswa baru kelas VII dengan kapasitas 2 kelas/rombel, masing-masing kelas terdiri atas 24 siswa.

Apa aja sich tujuan pembelajaran di SBI?

Tujuan pembelajaran bilingual sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) adalah sebagai berikut:

A. Meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris di bidang Matematika dan Sains serta bidang yang lainnya;

B. Meningkatkan kemampuan daya saing secara Internasional tentang bidang ilmu Matematika dan Sains sebagai ilmu dasar bagi perkembangan teknologi;

C. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara Internasional dalam bahasa Inggris;

D. Menyediakan pelayanan khusus bagi siswa yang mempunyai kemampuan superior;

E. Penguasaan TI, anak lebih kreatif dan inovatif dengan ditunjang tiap siswa satu unit perangkat komputer;

Bagaimana sich tenaga pengajar di SBI?

Program pembelajaran bilingual mataq pelajaran Matematika dan Sains disiapkan tenaga pengajar khusus dengan kualifikasi baik dalam penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran. Tenaga pengajar ini telah lulus uji seleksi dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas Jakarta dan atau telah mengikuti pelatihan dan workshop pembelajaran MIPA berbahasa Inggris.

Apa aja sich fasilitas Sarana dan Prasarana di SBI?

Fasilitas yang ada di kelas Rintisan SBI adalah sebagai berikut:

A. Perangkat lunak (software) : Buku teks berbahasa Inggris, CD pembelajaran Interaktif, Kamus Sains dan Matematika berbahasa Inggris, Media pendidikan Bilingual;

B. Perpustakaan mini untuk buku MIPA dan buku lain yang berbahasa Inggris;

C. Laboratorium Bahasa Multimedia dengan Main Feature Multiguna;

D. Ditunjang sarana pembelajaran memadai yang mengacu pada taraf Internasional;

Bagaimana sich pembelajaran di SBI?

Pembelajaran yang ada di SBI adalah bagi mata pelajaran Matematika dan Sains berbahasa Inggris. Dalam kelas yang hanya 2 rombel ini, siswa harus menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran. Dalam kelas ini, siswa diharuskan untuk dapat mengoperasikan komputer. Karena dalam pembelajaran MIPA,selain menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, juga menggunakan perangkat ICT misalnya laptop dan LCD. Pemberian tugas dalam pembelajaran ini, juga masih tetap menggunakan perangkat ICT. Yaitu dengan copy file dan akses internet. Maka dari itu, masing-masing siswa harus mempunyai flash disk dan alamat E-mail. Selain pembelajaran MIPA, pembelajaran dengan ICT juga mengubah pada bidang study lain. Yaitu : Bahasa Indonesia, Pkn, dan Fisika. Juga ada penambahan jam pelajaran pada bidang study Bahasa Inggris, yaitu 12 jam pelajaran, 6 jam pelajaran teori dan 6 jam pelajaran praktek. Program-program yang telah diadakan dan berjalan dengan lancar adalah program ENGLISH SPEAKING AREA. Yaitu suatu program dimana para siswa harus menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi, baik didalam maupun diluar kelas.

Bagaimana kedisiplinan dan Tata Tertib yang diterapkan di SBI?

Dalam kelas Rintisan SBI ini, para siswa harus menjaga kedisiplinan dan menjalankan Tata Tertib yang mengharuskan siswa untuk menjadi siswa yang benar-benar disiplin. Bukan berarti karena mereka anak SBI, lalu mereka di istimewakan dan bebas dari hukum. Justru karena mereka adalah anak SBI mereka harus lebih disiplin dibanding dengan anak-anak lain. Buku pribadi siswa(Buku merah) tertap berlaku bagi mereka. disamping itu juga, salah satu dari bentuk kedisiplinan mereka adalah datang jam 7 tepat mereka sudah harus siap di dalam kelas untuk menerima pelajaran, padahal masih banyak anak-anak lain yang menikmati waktu senggang mereka yang tinggal sedikit itu.

Di dalam pembelajaran, mereka juga harus membiasakan diri untuk selalu berbahasa Inggris. Walaupun mereka belum bisa berbahasa Inggris dengan baik, tapi mereka harus mencoba untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua untuk berkomunikasi. Seperti kata Ma’am Leny Agustina,salah satu pengajar Bahasa Inggris di SBI, “C’mon guys, try to speak English. It’s ENGLISH SPEAKING AREA. Remember, you never can, if you never try. Don’t forget it!”

Demikianlah sedikit rangkaian ulasan tentang Sekolah Bertaraf Internasional atau yang biasa sebut dengan SBI. Kami murid SBI berharap, bagi para pembaca dapat mendukung jalannya SBI beserta program-program yang dilaksanakannya, agar kami para murid SBI dapat mencapai kesuksesan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para pembaca semua.

 

0 Responses to Apa sich SBI SMPN 1 Tulungagung itu???